Kumpulan cerita rakyat  Jawa Barat y ang sangat menarik : Blog1

Kumpulan cerita rakyat  Jawa Barat y ang sangat menarik

Ada  beberapa cerita rakyat dari Jawa Barat yang memiliki pesan untuk belajar pelajaran, tentunya setiap daerah di Indonesia    memiliki cerita rakyat. Dimana banyak yang percaya itu hanya esai sehingga ceritanya tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Tetapi sementara ini tampaknya diisi, ada pesan yang dapat diambil dari cerita.

Tentu saja, generasi muda harus mengetahui cerita ini agar tidak melupakannya. Apalagi sudah banyak generasi muda yang suka bermain internet tanpa mengetahui cerita rakyat seperti itu saat ini.

Situasi ini bisa berdampak buruk pada konsistensi cerita ini jika dibiarkan. Itu sebabnya berikut  adalah beberapa cerita yang perlu Anda  ketahui, karena begitu penuh makna. Karena cerita  rakyat dari Jawa Barat bukan hanya sekedar cerita, sehingga sangat menarik untuk dibaca.

Selain itu, ada nilai-nilai kehidupan yang dapat dipelajari untuk menjadi contoh bagi generasi berikutnya. (Matius 24:14; 28:19, 20) Saksi-Saksi Yehuwa akan dengan senang hati menjawab dengan Anda.

Kisah tentang Gunung Tangkuban Perahu

Cerita rakyat  dari Jawa Barat ini bercerita tentang Sangkuriang,  yang menikah dengan  ibunya sendiri  , D ayang Sumby  . Mengetahui bahwa dia akan menikahi anaknya, sang ibu membuat permintaan untuk menghalangi pernikahan.

Namun tak disangka, putranya menyetujui permintaan untuk mengistirahatkan sungai dan membuat perahu sebelum dia tiba di pagi hari. Pekerjaan yang dilakukan Sangkuriang dengan cepat selesai berkat bantuan setan.

Melihat hal tersebut, Dayang Sumby mengumpulkan otaknya untuk melakukan caranya agar tidak menyelesaikan pekerjaannya. Oleh karena itu, ia menyiapkan kain sutra agar bisa terlihat seperti pagi hari, yang menyebabkan ayam berkokok, mengira fajar telah tiba.

Namun, saat itu Sangkuriang belum menyelesaikan pekerjaannya, sehingga ia geram karena tawarannya ditolak oleh ibunya sendiri. Jadi dia menendang perahu yang sudah disiapkan dan mencurahkan amarahnya. Perahu itu akhirnya berjongkok dan berubah menjadi gunung yang sekarang dikenal sebagai Tangkuban Perahu.

Tentunya cerita rakyat dari Jawa Barat ini sangat menarik  mengingat Tangkuban perahu  merupakan salah satu tempat wisata paling populer  di Jawa  Barat  . Selain itu, gunung ini juga berbentuk perahu, sehingga banyak yang percaya dengan cerita ini.

Selain menceritakan kisah yang menarik, di gunung ini juga terdapat pem bagus yang bisa disukai banyak orang. Ditambah lagi, ada begitu banyak pesan moral dari cerita tersebut, terutama mengenai hubungan antara ibu dan anak.

Kisah dari Bandung

Cerita rakyat lain  dari Jawa Barat  tentang asal usul bandung. Cerita dimulai dengan persaingan antara Jaka dan seorang pahlawan yang merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi. Sifat keduanya adalah kebalikannya, tetapi di mana mereka saling melengkapi sehingga mereka bisa menjadi seperti saudara.

Namun, pertengkaran mulai terjadi tepat ketika Anda menyukai Sekar, putri mentornya. Jaka yang memiliki wajah cantik akhirnya meminta Sekar, namun tanpa persetujuan p utri     , ayahnya menerima tawaran tersebut.

Namun nyatanya, Sekar menyukai Wira, sehingga ia melakukan perlombaan di mana ia menikahi seseorang yang bisa memusnahkan lahar perahu Tangkuban. Akhirnya Jaka dan Wira mencari cara untuk memenangkan persaingan, namun kenyataannya Jaka tidak bisa melakukannya.

Blog :

  1. aitinesia.com
  2. smk2pbs.com
  3. torajaparadise.com
  4. ilingerieasia.com
  5. ptn-online.com
  6. kukm-esaunggul.com
  7. orificeworld.com
  8. isnayaprint.com
  9. healthygirlslove.com
  10. hilalmerahindonesia.com
  11. duniaekspress.com
  12. scdaiko.com
  13. melekpolitik.com
  14. filmketikacintabertasbih.com
  15. lampitrotan.com
  16. nusantaranews.org
  17. profitbpf.net
  18. olpreneur.com
  19. renovators-forgottenemotion.com
  20. theindianexpress.net
  21. cianjurcybercity.com
  22. gebyarmaximalboncabe.com
  23. panteneku.com
  24. satutempat.com
  25. dotgrafika.com

Tapi dia setuju tetapi bermain-main setelah berkeliaran di Jacka alih-alih mencari cara untuk mematikan lava. Namun, berbeda dengan apa yang dilakukan Wira di mana ia melakukannya dengan berbagai cara untuk mematikan lava. Hingga akhirnya ia melihat bisikan yang membuat bendungan itu keluar dari kayu.

Ini akhirnya membuatnya mengambil cara untuk mematikan lava. Wira Tangkuban akhirnya merobohkan lereng bukit dan menghentikan Sungai Sitrarum agar bisa menahan air sungai hingga lahar di gunung Tangkuban bisa padam.

Jadi, pada akhirnya, itu mengubah cekungan menjadi danau. Wira dan Sekar akhirnya menikah dan memiliki anak. Namun setelah bertahun-tahun, air di danau itu runtuh sehingga bisa mengering karena kebocoran air.

Akibatnya, tanah yang menghancurkan tanah, yang memaksa banyak orang untuk pindah ke tempat baru, muncul. Hingga nama tempat baru itu akhirnya menjadi Bandung, sebuah kota yang diambil dari bendungan atau roda. Ini adalah  cerita rakyat Jawa Barat, dan masih banyak yang belum tahu.

 Lutung Kasarung haqida  folklor

Yang juga menarik dari Jawa Barat adalah cerita rakyat tentang Lutung Kasarung, di mana seorang putri bernama Purbasari bertemu dengan seorang saudagar yang merupakan pangeran terkutuk untuk menonjol. Putri Purbasari sendiri dikeroyok oleh kakaknya karena terbiasa terkena penyakit kusta.

C melelehnya lutung khas Jawa Barat.   Dia dibuang ke hutan karena penyakitnya dan bertemu lutung. Memang, pria terkutuk itu sangat menyukai . Akhirnya dia memanggil orang yang berkuasa , mengatakan : ” Biarkan laut menjadi seperti kulit , dan biarkan airnya  sembuh . ”

Kemudian,  setelah sembuh dari penderita kusta, p utri akhirnya dibawa kembali ke istana namun adik ratu purbararang menjadi cemburu dan takut kekuatannya akan diambil kembali oleh Purbasari. Akhirnya, sang kakak meminta raja untuk berlomba, yaitu lomba memasak cepat dan panjang rambut.

Adik laki-lakinya memenangkan kedua acara tersebut, sehingga kakak laki-laki itu akhirnya meminta raja untuk membuat kompetisi baru untuk mencari tahu siapa pemenangnya. Kompetisi ini tentang siapa pasangan yang lebih tampan.

Baru setelah Purbasari akhirnya membawa lutung dan memperkenalkannya sebagai pasangan, tetapi sang kakak mengejeknya karena membisikkan pasangannya. Akibat sakit hati, ia berdoa agar Yang Maha Kuasa akhirnya mengembalikan wujudnya yang dulu dan kemudian diberikan.

Pada  akhir  cerita rakyat Jawa Barat,  Purbasari menang untuk memiliki hak menjadi pemimpi kerajaan,  dan  saudaranya Purbararang terbukti bersalah dan hilang tetapi tidak dihukum.

 Cerita rakyat  tentang terumbu nini

Cerita rakyat  Jawa Barat lainnya  juga menarik, tentang Nini Reef, di mana ceritanya dimulai dengan sepasang suami istri yang namanya mungkin dikaruniai anak. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tanah melaut dan di pagi hari pulang dengan pegangan yang dimakan atau dijualnya.

Tetapi suatu hari tanah itu diizinkan untuk pergi ke laut, tetapi pada pagi hari tanah itu belum kembali ke rumah. Sang istri ketakutan, jadi dia pergi mencari suaminya, bersama dengan penduduk desa lainnya. Tetapi sang istri, yang akhirnya menyerah, berdoa agar suatu hari dia bisa bergabung kembali dengan yang maha kuasa.

Tetapi tiba-tiba sebuah batu muncul, di mana seseorang mengatakan bahwa sebuah batu adalah simbol bumi. Terkejut, dia berdoa kepada yang maha kuasa agar dia menjadi batu seperti suaminya.

Tentu saja, kedua batu ini ditempatkan bersebelahan, yang sampai sekarang juga dapat dilihat di tepi karang nini. Sehingga banyak pelajaran yang bisa dipetik dari cerita di atas tentang kesetiaan istri kepada suaminya. Sehingga bagi generasi muda,  sangat  penting untuk mengetahui  cerita rakyat Jawa Barat ini. Sehingga banyak pelajaran yang bisa dipetik dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.